Welcome User Tamu | time 10 : 03 am |        








   Statistik Kunjungan
User: 0 online
Tamu: 2 online
Total: 2 online
Hari ini: 356 org
Pengunjung: 741253 org
IP anda: 54.82.41.206
( sejak 20 juni 2009 )

Organisasi kemahasiswaan di Perguruan Tinggi (PT) merupakan kelengkapan non-struktural yang terdapat pada masing-masing Perguruan Tinggi. Organisasi kemahasiswaan yang terdapat pada Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah sebagai berikut :

Organisasi Tingkat Universitas
Kongres Keluarga Mahasiswa Universitas (KKMU), Yaitu suatu forum pemegang kedaulatan tertinggi dalam kehidupan lembaga kemahasiswaan yang berfungsi menetapkan konstitusi lembaga kemahasiswaan di Unnes.

Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU), Yaitu suatu lembaga tertinggi legislatif organisasi kemahasiswaan di Unnes, yang berfungsi mengawasi kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di tingkat Universitas dan menyerap aspirasi seluruh mahasiswa serta menyalurkannya ke pihak-pihak berkepentingan.

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Unnes (MPM KM), Yaitu suatu lembaga senator yang diantara lain bertugas mengamandemen dan menetapkan konstitusi dasar serta meminta laporan pertanggungjawaban Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEMU), MPM memiliki kelengkapan struktur organisasi yang terdiri dari unsur pimpinan, komisi-komisi, dan badan urusan rumah tangga.

Senator Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, Yaitu lembaga perwakilan jurusan yang berkedudukan sebagai anggota tetap MPM keluarga mahasiswa Unnes. Fungsinya mengajukan usul dan memberi pertimbangan yang berkaitan dengan fungsi kontrol, legislasi, dan pengawasan DPM Keluarga Mahasiswa Unnes.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEMU), Yaitu lembaga tinggi eksekutif organisasi kemahasiswaan universitas. Keanggotaannya terdiri dari mahasiswa yang terpilih untuk duduk dalam kepengurusan, terdiri dari Presiden Mahasiswa, Sekretaris Jenderal, dan Departemen-departemen, sekurang-kurangnya departemen : Penalaran, Bakat dan Minat, Advokasi dan Kesejahteraan, Pengabdian pada Masyarakat, dan Departemen Penelitian dan Pengembangan Organisasi.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Yaitu lembaga tinggi kegiatan ekstra kulikuler mahasiswa yang berkedudukan di tingkat Universitas dengan tugas pokok melaksanakan kegiatan ekstra kulikuler sesuai bidangnya. Bidang yang dimaksud antara lain : UKM Kesejahteraan, UKM Seni, UKM Keolahragaan, UKM Penelitian, UKM Pramuka, dll

Organisasi Tingkat Fakultas
Kongres Mahasiswa Tingkat Fakultas (KMF), Yaitu lembaga pemegang kedaulatan tertinggi dalam kehidupan organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas. Tugasnya antara lain menetapkan AD/ART Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF).

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF), Yaitu lembaga tinggi legislatif dalam kehidupan organisasi di tingkat fakultas, yang mempunyai tugas antara lain mengawasi BEMF dan sebagai perwakilan mahasiswa tingkat fakultas dalam menyerap dan menyalurkan aspirasi mahasiswa kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF), Yaitu lembaga tinggi eksekutif ditingkat fakultas. Keanggotaannya melalui pilihan sebagaimana pada tingkat universitas dengan masa kerja satu tahun. Tugasnya antara lain menjalankan Garis - Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) yang ditetapkan KMF dan mengkoordinasi kegiatan yang dilakukan Himpunan Mahasiswa (HIMA).

Organisasi Tingkat Jurusan
Keluarga Mahasiswa Jurusan (KMJ), Yaitu forum pemegang kedaulatan tertinggi jurusan, dengan tugas antara lain mengawasi Himpunan Mahasiswa (HIMA) dalam melaksanakan GBHK HIMA dan membentuk AD/ART HIMA.

Himpunan Mahasiswa (HIMA), Yaitu lembaga tinggi eksekutif ditingkat jurusan/program studi, dengan masa kerja kepengurusan satu tahun. kepengurusan terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan departemen - departemen.
 


 Co-Op Comunity
 
Create @ Juni 2009 by Information and Comunication Technology (ICT) Bidang Kemahasiswaan UNNES
Kampus Unnes Gedung H Ruang Pembantu Rektor (PR) III, Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah
Tlp: (024) 8508003; Fax: (024) 8508003; Site: simawa.unnes.ac.id; email: kemahasiswaan@unnes.ac.id